Untitled Document
Untitled Document
Home >> Volume >> Daftar Isi >> Detail
Untitled Document

VOLUME I Edisi 2 , Nopember 2010




Title

UPAYA PENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERA DIDIK SMA DENGAN PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRA PRIBADI DAN ANTAR PRIBADI

Authors
Evi Tobeli, S.Pd.K
Universitas Kristen Immanuel

Abstract

Dalam penelitian ini akan dijelaskan sebagai berikut: pertama, efektivitas adalah kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. Efektivitas berkaitan dengan terlaksananya semua tugas pokok, tercapainya tujuan, ketetapan waktu dan adanya partisipasi dari anggota dalam proses pembelajaran sehingga mencapai hasil yang efektif. Efektivitas belajar akan meningkat apabila ditunjang oleh dua komponen yang saling berhubungan yaitu guru yang mengajar dengan peserta didik yang mau belajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas belajar peserta didik yaitu faktor-faktor intern yaitu inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kesiapan dan faktor-faktor ekstern yaitu keadaan gedung sekolah, waktu sekolah, disiplin sekolah, kurikulum, standar pelajaran melebihi kemampuan peserta didik, relasi guru dengan peserta didik, relasi peserta didik dengan peserta didik, metode mengajar, alat pembelajaran, metode belajar dan tugas rumah. Ketiga, ciri, perkembangan dan karakteristik serta intelektual peserta didik yang berbeda dapat merupakan acuan bagi guru untuk dapat melakukan proses pembelajaran di dalam kelas. Adapun perkembangan dan karakteristik peserta didik tersebut yaitu perkembangan fisik, perkembangan seksual, perkembangan sosial, perkembangan mental, perkembangan emosional, perkembangan spiritual. Keempat, setiap peserta didik memiliki kecerdasan intrapribadi dan antarpribadi yang berbeda-beda dan potensi ini perlu dikembangkan dengan cara diajarkan secara langsung atau memasukkan ke dalam kurikulum dengan menggunakan metode mengajar dan belajar yang variatif. Kelima, dari analisis data melalui program SPSS versi 11, hasil uji korelasi dapat diketahui bahwa ada hubungan antara efektivitas belajar, perkembangan dan karakteristik serta kecerdasan intrapribadi dan antarpribadi peserta didik dengan angka koefisien sama dengan satu. Hubungan antara dua varibel tersebut adalah searah karena memiliki nilai sama tinggi. Hal tersebut dapat juga dibuktikan dengan persentase reponden yang menjawab setuju dan sangat setuju sebesar 62,5% dari kuesioner yang disebarkan. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat terbukti yaitu diduga bahwa efektivitas belajar peserta didik SMA Immanuel akan meningkat dengan upaya pengembangan kecerdasan intrapribadi dan antarpribadi peserta didik SMA Immanuel Kalasan.
Keywords

-
File

Download Artikel
Untitled Document
JOURNAL CONTENT
Search :


LINKS FREE JOURNALS


Untitled Document